Seni Menjadi Teman Berbincang Menyenangkan

depdikhidayatullah.com– Pernah merasa jengkel dengan sikap dan ucapan teman berbincang? Atau jangan-jangan malah kita yang sering berulahmenjadikan suasana berbincang tidak nyaman dan berakhir sakit hati?

Ya, sejatinya berbincang punya seni tersendiri. Di dalamnya termasuk seni menjadi teman berbincang yang baik dan menyenangkan. Berikut ini beberapa kiat agar menjadi teman berbincang yang baik dan menyenangkan, diantaranya :

  1. Hindari Pembicaraan Sia-sia
    Kadang kita terjebak pembincangan tidak penting. Selain membuang-buang waktu, bicara yang tidak penting tidak ada manfaatnya. Maka, berbincanglah hal-hal yang bermanfaat saja.
  1. Jangan Memotong Bicara
    Biarkan teman bicara kita menyelesaikan bicaranya. Beri ia kesempatan bicara yang cukup. Tunggu ia selesai bicara, baru kita bisa menyampaikan pendapat. Berbincang kian asyik jika dua arah.
  2. Jangan Kedepankan Beda Pandangan
    Perbincangan tidak akan pernah luput dari hal-hal yang bertentangan antara satu dengan yang lain. Jangan ngotot jika hal tersebut tidaklah penting untuk dibicarakan.
  3. Jangan Menguasai Perbincangan
    Bangunlah bicara yang seimbang. Jangan selalu bercerita tentang diri sendiri. Pilihlah topik yang menarik untuk diperbincangkan dengan lawan bicara. Jangan bicara pada hal yang menarik bagi diri sendiri.
  4. Jadilah Pendengar yang Baik
    Dengarlah dengan antusias pembicaraan teman bicara. Gunakan ekspresi dan bahasa tubuh yang tepat. Fokuslah dalam berbincang, jangan asyik dengan HP atau hal-hal lain yang mengabaikan pembicaraan.

Oh ya, jangan lupa senyumlah dalam berbincang, pasang wajah cerah dan bicaralah yang apa adanya dan lembut. In sya Allah teman akan nyaman berbincang dengan kita.
(Kang Harits/ MitraFM)

Subscribe

Terima kasih telah berlangganan newsletter kami

No Responses

Leave a Reply